DAFTAR ISI :
Bab 1. Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah
A. Apa Beda pendidikan kewarganegaraan (pkn) dengan Pendidikan Kwarganegaraan (PKn)
B. Bagaimana Hakikat dan Status Pendidikan Kewarganegaraan di Inondesia
C. Apa Isi Materi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah di Indonesia
Bab 2. Karakteristik Guru untuk Pembelajaraqn PKn
A. Menggapa Guru Ditetapkan sebagai Profesi?
B. Bagaimana Kopetensi Guru PKn Selama Ini?
C. Apa saja yang Perlu Dimiliki Guru PKn?
Bab 3. Strategi dan Model Pembelajaran untuk PKn
A. Mengapa Perlu Strategi Pembelajaran untuk PKn?
B. Mengapa PKn Perlu Pembelajaran Demogratis
C. Apa Sajakah Model Pembelajaran untuk PKn?
Bab 4. Pembelajaran PKn untuk Mengembangkan Civic Knowledge
A. Apa Itu Civic Knowledge?
B. Bagaimana Pembelajaran PKn untuk Civic Knowlwedge?
C. Metode dan Teknik Apa yang Digunakan?
Bab 5. Pembelajaran PKn untuk Mengembangkan Civic Skills
A. Apa Itu Civic Skills?
B. Apa Isi Civic Skills dalam PKn SD, SMP, dan SMA?
C. Bagaiamana Pembelajaran PKn untuk Civic Skills?
Bab 6. Pembelajaran PKn untuk Mengembangkan Civic Disposition
A. Apa itu Civic Disposition?
B. Apa Isi Civic Disposition dalam PKn Sekolah?
C. Bagaimana Pembelajaran PKn Untuk Civic Disposition?
BAB 7. Penilaian Pembelajaran untuk PKn
A. Apakah Penilaian dalam Bidan PKn Itu?
B. Bagaimana Melakssanakan Tes Hasil Belajar Bidang PKn?
C. Bagaimana Menganalisis Hasil Penilaian?
Glosarium
Daftar Pustaka
Indeks
Tentang Penulis
Daftar Tabel
Tabel 1.1 Pemetaan Ruang Lingkup dan Materi Belajar PKn SD
Tabel 1.2 Pemetaan Ruang Lingkup dan Materi Belajar PKn SMP/MTs
Tabel 1.3 Pemetaan Ruang Lingkup dan Materi Belajar PKn SMA/MA
Tabel 2.1 Standar Kompetensi dan Kompetensi Inti Guru
Tabel 2.2 Kompetensi Inti Guru Mata Pelajaran dan Jabarannya
Tabel 3.1 Perbedaan Antara Behavioristik dan konstruktivistik
Tabel 4.1 Dimensi Pengetahuan Kewarganegaraan (Civic Knowledge) pada PKn Sekolah Tingkat SD/MI
Tabel 4.2. Dimensi Pengetahuan kewarganegaraan (Civic Konwledge) pada PKn Sekolah Tingkat SMP/MTs
Tabel 4.3 Dimensi Pengetahuan kewarganegaraan (Civic Konwledge) pada PKn Sekolah Tingkat SMA/MA
Tabel 5.1 Kecakapan-kecakapan Kewarganegaraan (Civic Skills)
Tabel 5.2 Kategori Ciivic Skills Model Marry Kirlin
Tabel 5.3 Dimensi Keterampilan Kewarganegaraan (Civic Skills) pada PKn Sekolah Tingkat SD/MI
Tabel 5.4 Dimensi Keterampilan Kewarganegaraan (Civic Skills) pada PKn Sekolah Tingkat SMP/MTs
Tabel 5.5 Dimensi Keterampilan Kewarganegaraan (Civic Skills) pada PKn Sekolah Tingkat SMA/MA
Tabel 6.1 Dimensi Sikap dan Nilai Kewarganegaraan (Civic Disposition) pada PKn Sekolah Tingkat SD/MI
Tabel 6.2 Dimensi Sikap dan Nilai Kewarganegaraan (Civic Disposition) pada PKn Sekolah Tingkat SMP/MTs
Tabel 6.3 Dimensi Sikap dan Nilai Kewarganegaraan (Civic Disposition) pada PKn Sekolah Tingkat SMA/MA
Tabel 7.1 Penetapan Indikator dan Instrumen Penilaian
Tabel 7.2 Lembar Observasi Bentuk Datar Cek (Check List) untuk Kemampuan Berinteraksi dalam Kegiatan Diskusi Kelompok
Tabel 7.3 Lembar Observasi Bentuk Skala Penilaian (Rating Scale) Kemampuan Berinteraksi dalam Kegiatan Diskusi Keloompok
Tabel 7.4 Contoh Lembar Pengamatan (Kelompok Mata Pelajaran: Agama, Kewarganegaraan, Estetika, Jasmai)
Tabel 7.5 Pengkategorian Skor Sikap
Tabel 7.6 Dimensi Sikap dan Nilai Kewarganegaraan (Civic Disposition) pada PKn Sekolah
Tabel 7.7 Panduan Analisis Butir Soal Bentuk Pilihan Ganda
Tabel 7.8 Panduan Analisis Butir Soal Bentuk Uraian
|
Posting Komentar